Oleh: akubisadengar | Agustus 15, 2008

SISI, Teknologi Komunikasi Penderita Bisu Tuli

Salah satu divisi penggunaan software IBM menciptakan sebuah teknologi yang akan membantu penderita bisu tuli berkirim dan terima pesan suara lewat handphone. Sebentar lagi penderita bisu tuli akan bisa menikmati komunikasi lewat handphone dimana selama ini sangat sulit dilakukan bagi penderita bisu dan tuli untuk berkomunikasi.

Extreme Bluetooth mengenalkan sebuah software bernama SISI (Say It, Sign It). Software ini memiliki tampilan avatar (animasi virtual) cewek yang bernama Sisi juga dimana bisa melakukan bahasa isyarat buat orang bisu tuli. Sistem kerjanya cukup sederhana, tinggal memasukkan pesan suara ke handphone dan Sisi akan mengubah pesan itu menjadi vido klip si avatar cewek tadi.

Dengan demikian pihak penerima bisa mengerti pesan yang disampaikan dengan jelas, asal dia sudah ta hu bahasa isyarat. Saat ini Sisi masih terbatas untuk kirim pesan suara, belum bisa digunakan untuk bertelepon langsung.

Software yang menggunakan bahasa program Java ini merupakan langkah awal mereka untuk mengembangkan solusi komunikasi menyeluruh untuk penderita bisu tuli. Jadi, nantinya bukan hanya fitur voice mail saja yang bisa dinikmati penderita tuli tetapi juga fitur-fitur handphone lain seperti kirim dan terima email atau instant messanging (IM).

Karena software SISI ini masih dalam tahap pengembangan, Extreme Blue belum memasarkan SISI secara luas, baru terbatas di beberapa negara Eropa dan Amerika, sambil melihat reaksi pengguna. Selain itu mereka juga masi menjajaki kerjasama dengan vendor handphone untuk menanamkan SISI seorang fitur tambahan di produk handphone-nya.

Kita berharap dengan berdirinya SISI dalam waktu dekat dapat memberikan solusi bagi para penderitabisu tuli dapat menikmati handphone. Menarik lagi jika software tersebut juga dibuat dalam versi bahasa Indonesia.

Selain IBM, II Village, perusahaan asal Itali utara, juga mengembangkan aplikasi satelit GPS yang dirancang khusus untuk memberikan kebebasan lebih besar kepada kaum tunanetra. Layanan yang diberi nama EasyWalk ini akan berjalan pada ponsel dengan sistem operasi Symbian. Untuk bisa menerjemahkan GPS dan call center operator, digunakan Small Bluetooth GPS receiver.

EasyWalk sedang diuji cobakan pada 30 orang tuna netra dari Italian Blind Union. Dengan bantuan headset bluetooth, alat ini akan membaca atau membunyikan setiap putaran langkah kepada pengguna. Untuk pengguna layanan ini akan bisa mendapatkan support dari call center yang beroperasi selama 24 jam tiap hari tujuh hari seminggu.

Orang yang bertanggung jawab pada pembuatan EasyWalk ini adalah Andrea di Paoli, yang menangani teknologi di II Village. Paoli menjuluki peranti ini dengan nama guardian angel yang memastikan setiap pengguna perantinya ini bisa sampai di tujuan yang mereka inginkan saat mereka bepergian.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: