Oleh: akubisadengar | April 4, 2009

Phisiology sel-sel rambut telinga dalam

Tuli syaraf adalah akibat dari kerusakan sel-sel rambut didalam telinga bagian dalam (inner ear). Tepatnya terletak di membrane basilaris di organ corti di cochlea. Ilmu pengetahuan sampai saat ini belum menemukan cara untuk memperbaiki kerusakan sel-sel rambut pada manusia. Artinya sel sel tidak akan dapat tumbuh kembali untuk mengganti sel-sel rambut yang sudah rusak . Padahal setiap rambut mempunyai fungsi dengan frekwensi suara yang berbeda -beda.

Oleh karena itu perlu mengenal terlebih dahulu tentang sel-sel rambut telinga dalam. Sel-sel rambut pada organ corti dibagian scala media merupakan sel-sel reseptor pendengaran ( auditory receptor cells ). Disebut dengan sel-sel rambut karena membrana dibagian permukaan sel mengalami evaginasi yang disebut stereosilia, yang mirip seperti rambut. Stereosilia mengandung ion channels yang dapat terbuka aktif secara mekanik jika menerima stimulus suara. Selain sel -sel rambut terdapat sel struktural dan sel-sel pendukung (supporting cells ). Ada 2 tipe sel-sel rambut , yaitu sel rambut dalam ( Inner hair cells ) yang berjumlah kira 12000 dan sel rambut luar ( outer hair cells ) berjumlah 13000 .

Sel rambut dalam membentuk sebaris sel yang berjalan spiral disepanjang kochlea dekat aksis sentral. Sedangkan sel rambut luar mempunyai 3-4 baris sel rambut yang berjalan pada kochlea namun tidak berdekatan dengan axis sentral. Bagian dasar sel-sel rambut menempel pada membrana basilaris , sedangkan pada bagian permukaan ditempat stereosilia berada terletak membrana tektorial. Sedangkan membrana basilaris dan membrana tektorial berhubungan dibagian sentral. Suara akan mengerakkan kedua struktur ini pada arah yang berlawanan, sehingga stereosilia yang berada dipermukaan sel rambut akan menekuk. Akibat dari pergerakan stereosilia akan membuka dan menutup ion channels, yang menghasilkan potensial reseptor di sel rambut dalam. Bila potensial reseptor ada maka hal ini menyebabkan neurotransmitter keluar menuju serabut 2 saraf aferen tertentu.

Sel-sel rambut kochlea mempunyai sifat dengan frekwensi yang spesifik , dimana stimulasinya dari input suara tergantung pada tonotopic map membrana basilaris. Suara dengan frekwensi tinggi dideteksi dibagian basis koklea, sedangkan suara dengan frekwensi rendah dideteksi dibagian apeks.Properti mekanik membrana basilaris sendiri kemudian yang menentukan tonotopik ini. Sel-sel rambut dalam berperan sebagai auditory receptor cells yang klasik , bertanggung jawab mengirim sinyal dalam bentuk frekwensi suara yang spesifik keotak . Sedangkan sel-sel rambut luar memberikan efek amplifikasi dari stimulus suara kepada sel -sel rambut dalam yang terdekat, dan mempertajam respon frekwensi sel sel- rambut dalam yang terdekat. Sel-sel rambut luar memendek dan memanjang bila ada stimulasi suara.Gerakan kontraksi seperti ini dapat mempengaruhi sel-sel rambut dalam dengan merubah gerakan membrana basilaris dan meningkatkan sensitifitas dan selektifitas frekwensi untuk output kochlear ( sinyal menuju otak ). Ada protein prestin terdapat pada sel-sel rembut luar yang memberi kemampuan untuk berkontraksi ini

Sel-sel rambut dalam secara predominan dipersarafi serabut aferen yang membawa informasi dari sel-sel rambut ke otak. Kebalikannya pada sel-sel rambut luar , predominan dipersarafi serabut eferen , yang justru membawa informasi dari otak ke sel-sel rambut . Stimulasi serabut eferen sel-sel rambut luar juga berperan dalam mengurangi respon dari kochlea. Perjalanan input suara selanjutnya melalui saraf dari kochlea ke otak. Stimulasi saraf oleh input suara dimulai dari sel-sel rambut kemudian berjalan sepanjang serebut aferen , selanjutnya berturut-turut mencapai nucleus koklearis , kompleks olivarius superior, lemnicus lateralis, kolikulus inferior, dan medial geniculate body untuk selanjutnya tiba di korteks auditori di otak. Pada level kompleks olivarius superior ke atas , mulai terjadi crossover antara input suara dari sisi kiri dan kanan.

By Oma-nya Yasmin

http://rumahlimas.multiply.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: