Oleh: akubisadengar | April 4, 2009

Supporting cell untuk regenerasi selsel rambut cochlea

Supporting cell ( sel-sel pendukung ) .
Sudah sering dikatakan bahwa regenerasi sel-sel rambut yang hilang di cochlea tidak dapat terjadi pada mammalia, termasuk manusia . Oleh karena itu para ilmuwan memfokuskan penelitian pada perkembangan struktur lain didalam telinga dalam. Yaitu dengan  cara   merangsang  regenerasi epithel sensory telinga dalam manusia . Salah satu diantaranya adalah supporting cell yaitu sel-sel pendukung Hal ini merupakan  harapan satu-satunya  bagi jutaan orang yang menderita kurang pendengaran yang disebabkan oleh kehilangan sel-sel rambut.

Berlawanan dengan species vertebrata,   sel-sel rambut dapat regenerasi dengan rangsangan  pembelahan sel dan kemudian terjadi differensiasi yaitu terjadi perubahan struktur dan fungsi  sel-sel lain disekitar  sel-sel rambut yang disebut supporting cell ( sel pendukung ).

Pada percobaan pada tikus  ada indikasi  supporting cell pada telinga dalam  tetap mampu membelah dan kemudian  berubah struktur dan fungsi ( differensiasi )membentuk sel-sel rambut yang baru.
Oleh karena itu supporting cell menjadi target untuk populasi  sel sehingga dapat  memanipulasi  regenerasi sel-sel rambut .

Alternatif lain  , bila sumber stem cel dewasa dapat ditransplantasi  ke sel-sel rambut  yang mengalami kerusakan  untuk tujuan therapy. Oleh sebab itu  beberapa type  supporting cell dapat berubah struktur dan fungsi  yang berbeda didalam telinga dalam . Selain itu beberapa molekul subpopulasi  supporting cell ada perbedaan dan jumlahnya sangat terbatas. Keadaan ini kurang menguntungkan untuk memisahkan dan memurnikan supporting  cell yang diinginkan .
Belum ada cara lain  untuk pertumbuhan dan pengembangan  supporting cell untuk percobaan maupun untuk therapy.
Perkembangan lain adalah melakukan identifikasi molekul supporting cell dengan cara subpopulasi  , yang tujannya untuk  memurnikan dari general supporting  cell.


Pengaturan Growth factor pada proliferasi sel-sel stem / progenitor.
Telah ditemukan  faktor-faktor spesifik  yang mengatur  proliferasi ( memperbanyak )dan differensiasi ( merubah struktur dan fungsi ) stem / sel progenitor . Perkembangan  didalam cultur sel  ditemukan  epidermal growth factor ( EGF ) dan transforming growth factor ( TGFa) , yang dapat merangsang proliferasi  epithel sensory pada telinga dalam dewasa pada binatang Rodent.

Efek ini dapat dilakukan oleh insulin like growth factor ( IGF ) . Walaupun keberhasilan regenerasi  sel-sel rambut  baru tampak pada   vestibulum ( alat keseimbangan di telinga dalam ) . Berdasarkan hal itu dapat ditarik kesimpulan bahwa pada tahap awal regenerasi sel-sel rambut dapat diinduksi  oleh epithel sensori telinga dalam  pada mammalia dewasa. Dengan harapan dapat juga diaplikasikan  pada manusia.

By Oma-nya Yasmin

http://rumahlimas.multiply.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: