Oleh: akubisadengar | April 6, 2009

Regenerasi sel-sel rambut telinga

Sel-sel rambut telinga dalam penting untuk pendengaran. Tanpa sel-sel rambut akan menjadi tuli. Bila sel-sel rambut rusak , maka akan mengalami kurang pendengaran .Dan sel-sel rambut yang rusak tidak dapat tumbuh kembali. Akan tetapi pada species yang lain , sel-sel rambut yang mengalami kerusakan dapat regenerasi secara continu sehingga dapat terhindar dari kekurangan pendengaran.Sehubungan dengan hal ini para peneliti sekarang ini meneliti bagaimana proses ini dapat diaplikasikan kepada sel-sel rambut manusia, sehingga manusia juga terhindar dari kekurangan pendengaran.

Penelitian terbaru oleh para ilmuwan mengatakan bahwa ada cara regenerasi pada kerusakan sel-sel rambut. Pada pertengahan tahun 1980, seorang ilmuwan menemukan pada burung dewasa bahwa sel-sel rambut telinga dalam yang mengalami kerusakan dapat regenerasi . Pengembalian pendengaran terlihat hampir sama dengan pendengaran saat sebelum sel-sel rambut mengalami kerusakan.

Selain pada burung , pada binatang amphibi seperti katak sel-sel rambut telinga dalam yang mengalami kerusakan juga dapat regenerasi . Sedangkan pada mamalia tidak mempunyai kemampuan ini.

Oleh karena itu para ilmuwan mengadakan penelitian mekanisme regenerasi sel-sel rambut telinga dalam ini dengan harapan ada kemungkinan dapat diaplikasikan pada manusia.

Ada 2 proses yang besar pada regenerasi sel-sel rambut telinga dalam ini yaitu proses regenerasi sel-sel rambut , dan memperbaiki hubungannya ( reconnect ) sel-sel rambut dengan sel-sel saraf. Hal ini bisa terjadi apabila sel-sel rambut tersebut molekul-molekulnya dapat memproduksi secret cairan yang disebut trophyc factors yang menuju serat -serat saraf . Bila sel – sel rambut dapat reconnect dengan sal-sel saraf maka pendengaran akan membaik kembali.

Kemungkinan besar yang dapat menyamai proses regenerasi sel-sel rambut pada manusia adalah melalui pembelahan sel-sel. Percobaan pada babi , tikus dan kelinci telah berhasil dilakukan dengan cara pembelahan sel didalam telinga dalam dengan menggunakan molekul growth -promoting . Sejauh ini molekul yang sama pada manusia tidak ada . Akan tetapi ditemukan satu hal bahwa ada regenerasi sel-sel rambut telinga dalam pada mammalia telah terbukti.

By: Oma-nya Yasmin

http://rumahlimas.multiply.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: